Bajabaru.com – Bangkalan, Setelah kemarin Caleg PDI-P Dapil 6 (Kamal Labang Tragah Kwanyar) melayangkan Laporan dugaan perpindahan suara di Kecamatan Kwanyar, kini giliran Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Solidaritas Indonesia di Dapil dan Kecamatan yang sama, juga turut melaporkan dugaan kecurangan yang dilakukan Penyelenggara Tingkat Kecamatan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangkalan, Selasa (27-02-2024).

 

Adalah Hajir yang melaporkan  hilangnya Perolehan suara di Kecamatan Kwanyar yang diduga disalah gunakan oleh oknum PPK setempat.

 

Hal itu disampaikan oleh Hajir yang  melihat ketidakcocokan antara C1 Salinan yang dipegang para Saksi nya tidak sesuai dengan C Plano  di dua Desa yakni Desa Gunung Sereng dan Desa Sumur Kuning.

 

“Berdasarkan C Hasil kami mendapatkan suara sebanyak 1.200 namun setelah penghitungan di PPK suara hilang 500,” jelasnya.

 

Lanjut Hajir, selain suara yang sebanyak 500, di  Desa Gunung Sereng, dia juga kehilangan suara di Di Desa Sumur Kuning, menurutnya, di Desa itu dia memiliki suara 600 lebih, namun setelah sampai di kantor PPK Kwanyar suaranya hilang.

 

“Berdasarkan dari saksi suara saya hampir semuanya hilang, setelah melihat Plano banyak suara saya yang dihapus dengan tipe-x,” Paparnya.

 

Menanggapi hal itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangkalan Ahmad  Mustain Saleh menyampaikan, saat rekapitulasi di Kecamatan Kwanyar, terdapat 19 form Kejadian khusus atau keberatan yang ditulis oleh para Saksi.

 

“Kemarin saya sudah membuka data dan foto C hasil, dan kami akan merekomendasikan pengembalian suara saat rekap di Kabupaten,”Jelas Dia

 

Mustain menambahkan, di Kecamatan Kwanyar merupakan laporan tertinggi yang diterima jika   dibandingkan dengan kecamatan lain sehingga perlu adanya  tindakan dari KPU Bangkalan.

 

 

“Kami akan mengirim surat rekomendasi atas indikasi pelanggaran Etik ke KPU Bangkalan supaya kecamatan Kwanyar di Tindak,” Pungkasnya.

 

Diketahui Sebelumnya, Caleg PDIP juga melaporkan kejadian hampir serupa dengan Caleg PSI, caleg PDI-P Kabupaten Bangkalan juga melaporkan dugaan kecurangan ke Bawaslu Kabupaten Bangkalan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *