Bajabaru.com – Bangkalan, KPU Kabupaten Bangkalan terpaksa memindahkan Rekapitulasi Tingkat Kecamatan Kokop ke Halaman KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kokop, pun melakukan Hitung Ulang (HU) perolehan suara di semua TPS Desa Durjen, Kecamatan Kokop.

 

HU itu lantaran beberapa saksi dari Calon Legislatif (caleg) Kabupaten Bangkalan menduga ada indikasi pergeseran suara ke salah satu Caleg.

 

Ghozali, salah satu koordinator tim pemenangan dari salah satu caleg (Dapil) Daerah Pemilihan Dapil III menuturukan, Pihaknya memang meminta untuk dilakukan HU untuk Desa Durjen. Karena diduga ada pergeseran suara ke salah satu Caleg.

 

“Karena kami punya bukti C1 salinan hasil rekap TPS. Saat rekap suara tingkat Kecamatan, hasilnya tidak sama dengan C1 hasil yang kami pegang. Makanya, kami memang meminta untuk di hitung ulang,” ujarnya.

 

Misalnya, kata Ghozali, ada salah satu caleg yang perolehan suaranya tidak wajar di Desa Durjen. Namun, setelah dilakukan hitung ulang, suara salah satu caleg tersebut menyusut.

 

“Awalnya salah satu caleg itu perolehan suaranya di Desa Durjen sekitar 7.314. Tapi setelah di hitung ulang menyusut jadi 4.743. berarti kan ada indikasi penggelembungan perolehan suara,” kata dia usai hitung ulang Jum’at siang (01/03).

 

Pihaknya mengaku puas dan menerima hasil dari HU tersebut.

 

“Sekarang kami menerima hasil dari HU itu. Artinya, setelah di lakukan hitung ulang, perolehan suara sama dengan CI hasil yang kami pegang,” ucapnya.

 

Sementara itu, Komisioner KPU Bangkalan Sri Handayani mengatakan, hitung ulang di lakukan karena ada protes dari para saksi, lantaran merasa suara yang ada di TPS banyak yang pindah.

 

Meskipun awalnya, lanjut dia, pihaknya sudah mencarikan solusi dengan cara menyandingkan data, para saksi tetap tidak mau.

 

“Padahal kemarin itu per TPS sudah dilakukan sanding data tapi mereka tetap tidak percaya. Kemarin setelah makan siang mereka (para saksi) minta hitung ulang. Setelah hitung ulang para saksi merasa puas. Mereka gak ngotot lagi meskipun suaranya banyak hilang atau pindah, karena dikembalikan sesuai dengan yang ada di kotak suara,” paparnya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *